Tips Berlibur ke Turki

Senin, 21 September 2015 - 12:37 WIB
Tips Berlibur ke Turki
Tips Berlibur ke Turki
A A A
JAKARTA - Popularitas Turki semakin meningkat. Kini negara yang terletak dikawasan Eurasia itu, menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi para wisatawan.

Namun sayang, beribur ke Turki tidaklah murah. Anda perlu merogoh kocek ekstra. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa berlibur ke negara ini. Penulis buku Wisata Hemat Turki: Istanbul dan Cappadocia, Awan Yulianto, memberikan tipsnya untuk berilibur hemat saat di Turki.

1. Wisata
Bagi pencinta wisata bersejarah, Anda bisa mengunjungi museum dan wisata bersejarah lainnya di Turki. Anda cukup mengikuti tur dengan biaya yang lebih murah. Anda cukup mengeluarkan uang 100 hingga 150 lira atau sekitar Rp500 ribu.

"Usahakan ikut dengan tur saja, harganya jauh lebih murah. Yang jelas kita bisa lebih puas. Diajak keliling tempat-tempat bersejarah sekitar satu hari penuh. Kalau saya pikir, sehari itu, Anda bisa keliling sejauh 100 kilometer," papar Awan.

Lanjut Awan menyarankan untuk berjalan kaki. Pasalnya, selain lebih hemat, kota-kota di Turki memiliki pemandangan yang luar biasa.

"Daripada menyewa mobil atau motor, lebih mahal harganya, belum nanti tersesat karena petunjuk jalan di sana susah dimengerti," sarannya.

2. Makanan dan Minuman
Turki memiliki beragam makanan dan minuman yang lezat. Nah, agar lebih hemat, Anda bisa memilih menu buffet. Pasalnya, menu ini lebih murah dibandingkan ala carte. Menariknya, Anda bisa mencicipi semua makanan yang ada. Awan mengungkapkan, makan di restoran sangatlah mahal. Untuk harga makanan per piring bisa mencapai 10 hingga 15 Lira atau setara dengan Rp100 ribu.

Untuk itu, Awan menganjurkan untuk makan di Bufe yang kerap dipenuhi oleh warga lokal setiap harinya. "Buffet di Turki itu sama saja seperti warteg di Indonesia, harganya jauh lebih murah dan makanannya beragam," ujarnya.

Roti juga bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Selain murah, makanan ini mudah ditemukan di seluruh penjuru Turki. "Di setiap tempat makan pasti selalu disediakan roti. Jadi kalau Anda senang makan roti ya pilih aja roti, harganya jauh lebih murah," kata dia.

Sementara untuk minuman, Anda bisa membelinya di toko atau mini market. Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di restoran. Pastikan Anda selalu menyediakan air kemana pun. Pasalnya hotel-hotel berbintang lima di Turki tidak menyediakan air minum botol di kamarnya.

"Harganya murah banget, cuma 50 sen atau setengah lira," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3612 seconds (0.1#10.140)